Peristiwa Rengasdengklok  

Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa penculikan yang dilakukan oleh sejumlah pemuda antara lain Soekarni, Wikana, Aidit, dan Chaerul Saleh dari perkumpulan “Menteng 31” terhadap Soekarno dan Hatta. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 03.00 WIB, Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok, Karawang, untuk kemudian didesak agar mempercepat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, sampai dengan … Continue reading “Peristiwa Rengasdengklok  “

Sejarah Singkat Lahirnya Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Idonesi

Setiap tanggal 01 Juni akan diperingati sebagai hari lahir Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. Hari tersebut juga ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh pemerintah. Hal ini didasari oleh Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016. Penetapan tersebut bertujuan agar pemerintah dan masyarakat senantiasa mengingat bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa. Berikut sejarah singkat hari lahir … Continue reading “Sejarah Singkat Lahirnya Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Idonesi”

HISTORI >> KONFLIK ISRAEL – PALESTINA

Peta pendudukan Israel di Palestina, per Desember 2011 Konflik Israel dan Palestina Bagian dari Konflik Arab–Israel Tanggal 1948 – sekarang (75 Tahun) Lokasi Israel, Palestina Hasil Masih berlangsung Pihak terlibat  Palestina  PLO  Fatah (Tepi Barat)  Hamas (Jalur Gaza)  Israel Korban 51.000+ tewas (1965–2024) Proses Perdamaian Konferensi Madrid 1991 • Konferensi Annapolis • Perjanjian Perdamaian Camp David • Perjanjian Oslo I dan Oslo II • Protokol Hebron • Memorandum Sungai Wye • Memorandum Sharm … Continue reading “HISTORI >> KONFLIK ISRAEL – PALESTINA”

Sejarah Singkat Berdirinya Nahdlatul Ulama (NU): Latar Belakang, Tokoh, dan Tujuannya

History – 22/04/2024, 14:25 WIB Lihat Foto Foto KH. Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dan pendiri Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur.(Tebuireng Online) History – Nahdlatul Ulama (NU) tahun ini memasuki usia 100 tahun atau 1 abad apabila dihitung menurut penanggalan Hijriah. Hingga berusia 1 abad, Nahdlatul Ulama (NU) masih dikenal masyarakat sebagai sebuah organisasi Islam terbesar … Continue reading “Sejarah Singkat Berdirinya Nahdlatul Ulama (NU): Latar Belakang, Tokoh, dan Tujuannya”

Pertempuran Lima Hari di Semarang

Pertempuran Lima Hari di Semarang atau sering juga disebut sebagai “Pertempuran Semarang” merupakan pertempuran antara rakyat Semarang yang terdiri dari personel Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan Pemuda dengan sisa-sisa pasukan Jepang dari Legiun/Angkatan Darat ke-16 di Jawa pada 15–19 Oktober 1945. Peristiwa ini terjadi dalam kondisi di mana Jepang kalah dalam Perang Dunia II, kedatangan … Continue reading “Pertempuran Lima Hari di Semarang”

Kerusuhan Mei 1998 Fakta, Data & Analisa : Mengungkap Kerusuhan Mei 1998 Sebagai Kejahatan Terhadap Kemanusiaan

Pengungkapan Kerusuhan Mei 1998 secara tuntas merupakan utang sejarah bangsa Indonesia. Karena pada peristiwa Mei 1998 telah menelan ribuan korban jiwa,menggoncangkan dunia dan mencoreng keberadaan bangsa Indonesia. Kejadian Mei 1998 sudah 15 tahun berlalu. Berjalannya waktu ternyata tidak membuat orang lupa dengan kejadian yang memakan banyak korban tersebut. Kejadian Mei 1998 ditempatkan pada sebuah titik … Continue reading “Kerusuhan Mei 1998 Fakta, Data & Analisa : Mengungkap Kerusuhan Mei 1998 Sebagai Kejahatan Terhadap Kemanusiaan”

Sejarah Istana Bogor: Dibangun oleh Belanda & Sempat Hancur Akibat Gempa 1834

HISTORY Kamis, 18 April 2024 14:00 WIB Jakarta – Istana Bogor atau yang sering disebut Istana Kepresidenan merupakan bangunan yang dipakai oleh pemerintah Indonesia sebagai kantor urusan kepresidenan. Istana Bogor juga menjadi kediaman resmi Presiden Republik Indonesia. Namun, tahukah kamu bahwa istana ini dulunya dibangung oleh pejabat tinggi Belanda? Istana Kepresidenan Bogor berada di Jalan … Continue reading “Sejarah Istana Bogor: Dibangun oleh Belanda & Sempat Hancur Akibat Gempa 1834”

Sejarah Lubang Buaya dan Asal Usulnya, Mengapa Disebut Lubang Buaya?

HISTORY Rabu, 17 April 2024 11:24 WIB Jakarta – Sejarah Lubang Buaya dikenal sebagai tempat pembuangan tujuh jenazah korban pemberontakan G30S PKI. Seperti diketahui, aksi G30S PKI terjadi pada tanggal 30 September 1965. Oleh karena itu, setiap tanggal 30 September diperingati sebagai Hari G30S PKI. Berikut penjelasan selengkapnya soal sejarah Lubang Buaya. Sejarah Lubang Buaya, … Continue reading “Sejarah Lubang Buaya dan Asal Usulnya, Mengapa Disebut Lubang Buaya?”

Kisah Pertama Kali Emas Ditemukan di Papua dan Masuknya Freeport

HISTORY Selasa, 14 April 2024 14:20 WIB Jakarta – pengambil alihan saham PT Freeport Indonesia (PTFI) hingga 51% telah dimulai. Hal ini ditandai dengan penandatangan Head of Agreement (HoA) dalam rangka pengambilalihan saham PTFI kemarin. Namun, patut diketahui adanya PTFI di Indonesia memiliki sejarah yang panjang. Adanya PTFI tak lepas dari penemuan salah satu satu … Continue reading “Kisah Pertama Kali Emas Ditemukan di Papua dan Masuknya Freeport”

Mengupas Sejarah Konflik Laut China Selatan yang Panas

  JAKARTA – Laut China Selatan merupakan salah satu wilayah perairan strategis dengan potensi sumber daya alam yang menggiurkan. Pada riwayatnya, kawasan tersebut telah banyak mendapat klaim dari negara-negara di sekitarnya dan saling diperebutkan. Secara geografis, Laut China Selatan (LCS) berbatasan dengan beberapa negara. Sebut saja seperti China, Brunei, Filipina, Taiwan, Vietnam hingga Malaysia. Pada … Continue reading “Mengupas Sejarah Konflik Laut China Selatan yang Panas”